Kamis, 11 Oktober 2012

The Result of KLM :O


Hari ini, tanggal 29 September 2012 aku gak ke sekolah lagi. Aku gak ikut pelajaran. Yah, mungkin kalian dah pada tahu kemana aku kemara (lhoh?). Aku, lebih tepatnya kami, anak anak 4 Pakem yang nakal soalnya gak ke sekolah, kami nyasar di Univ. SaDar. Kami di sini untuk mengharumkan nama 4 pakem (weseleh…)! Jadi kami gak jadi dibilang anak nakal, Okay?
Kami adalah :
Aku (Pratita A.), Agin, Esen, Tirta, Sari, Karin, Alvin, Ilham, Adam, Tomi, Kelvin, Galang, Rifka, Jatu, sama anak2 kelas 8 lainnya yang aku gak tau namanya siapa aja. (sorry ya dek, maklum kuper, hehehe…)
Trus, aku mau ngomong apaan ya, lupa! #gubrak!
Kami kumpul di Univ.SaDar dan aku nyari kampusnya dimana itu muter2 gak nyampek2, sampek tanyak2 satpam. #Gubrak ke-2!
Tapi akhirnya berhasil menemukan kampus yang di cari2, es salah, maksudnya gedung tempat lomba gitu. Tapi setelah itu…


Aku ketemu sama temen2 yang rajin2. Maksudnya dah dateng duluan. Aku biasa, molor, maklum Univnya ya gak jauh2 amat dari rumahku. (anak pakem rumah di jl.monjali -__-) terus dah ada pak Darto, katanya suruh ngikutin mbak2 mahasiswa buat tau gedung dimana selanjutnya. Yaudah kami ngikut aja, dan ternyata itu adalah gedung yang aku datengin pertama kali #Gubrak ke-3! Mana lewat tengah lapangan, tapi gak papa sih sekalian olahraga getoooh… :P (padahal gk ikhlas!)


Okay, kita sampek. Naik lift ke lantai 4.
Kami semua daftar ulang dan aku, Esen, sama Agin ke kamar mandi dulu. Aku tanyak sama mbak2 mahasiswanya, toiletnya dimana. Yaudah, kami ke toilet. Setelah keluar dari toilet…
Aku :Yang lainnya kok ilang pada kemana?
Esen : Paling masuk ke situ (sambil nunjuk ruang yang buat pembukaan)
Agin : (langsung masuk ruangan diikuti saya dan Esen).


Kami masuk dan aku langsung nylonong duduk di kursi yang tersisa satu2nya di sebelahnya Tirta. Agin sama Esen harus jalan muter buat duduk di barisan cewek.
Kami belajar2 soal gitu, tapi aku sama Tirta malah ngapain coba… Ngobrol! Setelah beberapa menit kemudian aku menatap dengan kosong dan ndomblong ke Agin, Esen, dkk yang lagi belajar2, dan aku mulai sadar. Aku ngeluarin soalku dan tak bahas bareng Tirta. *Gubrak ke-4!
Aku Cuma mbawa soal Pisa yang sempat tak print sih. *Yang mau download bisa buka webnya pak darto terus cari soal Pisa 2003. Itu aja udah tak kerjain semua dan ada soal yang belum tak kerjain ada 1 dan akhirnya dikerjain sama Tirta.
Setelah pembukaan, kami harus kembali ke gedung yang tadi kami datengin tadi buat langsung cekidot ngerjain soal KLM (Kontes Literasi Matematika). Ngomong2 disini tu gak ada anak SMP 8 Kota, apa 5 lho! Kalian tau gak kenapa hayo? Tebak2! #mengajak kepo -__-. Soalnya mereka itu ikut tes ICAS sekarang. Sedangkan kami tesnya udah dimajuin hari Jumat kemarin. SMP kami meminta jadwal khusus kepada supervisornya tes ICAS buat ngajuin tes ICAS, soalnya hari Sabtunya, hari ini, ada lomba KLM gitu… Hehehe… Cerdas kan pak darto? Tapi makasih pak, ini mengurangi saingan kita dlam KLM (hahahah… tawa kecerdasan! :O)
Udah deh, setelah soal dibagi bagiku itu soal ada yang gampang ada juga yang sulit, aku gak dong maksud dari soalnya tu gimana. *Gubrak ke brapa ya? Yaudah deh. Aku gak terlalu berharap sama lomba ini. Aku kerjain dengan usaha yang maksimal tapi tetep aja gak bisa karna saya memang bukan anak olimpiade matematika. Saya mengakui juga kalau saya tidak canggih matematika. *baca postingan yang literasi matematika sesuatu! Kalaupun saya lolos ke semifinal itu adalah karena ke-bejo-an tingkat dewa.


Setelah selama 1 jam 30 menit duduk di kursi panas yang membuat pegel itu *gak lah, lebay! Akhirnya aku berhasil mengerjakan 15 soal itu dengan sebisa ku. Dan untung ke garap semua, walaupun ada yang ngawor2 geje gitu soalnya aku gak dong. Aku masih inget yang aku gak dong itu jangkauan rata2 nilai siswa. Jangkauan itu yang gimana? Gak tau, lupakan saja.
Setelah ngerjain kami disuruh keluar sambil dibagiin snack. Kami keluar dan nyariin temen lainnya, terus ngobrol ngebahas soal yang tadi. Pada beda2 pendapat sih, terserah lah. Aku dah pasrah… *Hopeless
Masak habis 15 menit di luar tu ya, kami disuruh masuk lagi. Terus tau gak suruh ngapain? Kami disuruh pindah ruang ada games / sebutannya itu rekreasi matematika. Begitu masuk ruangan, tanganku langsung dingin. Sumpah itu ACnya kenceng bangeeet… Capek deehh… Padahal dah sering di Pakem, masih aja kedinginan!
Kami dibagi dalam beberapa kelompok dan pos2 gitu. Mbaginya menurut hitungan lagi, jadi itu ngetes kebejoan masing2 orang. Huhuhu…
Untungnya aku sekelompok sama Agin, Karin, Ilham sama Galang yang dari SMP 4 Pakem. Yang bukan ada 2 orang lainnya yang aku gak sempat kenalan sama mereka. Kami mainin games matematika gitu deh, ada yang dah pernah dimainin. Ada juga yg tingkat dewa dan Ilham tu dah tau. Ilham tu menurutku adalah dewa matematika kelas 8. :O Sumpah ya dia tu kalok matematika itu bisa ngalahin Alvin, padahal notabennya Alvin tu dewa matematika kelas 9. *Keren gak tu si Ilham? (tumben saya mengakui adik kelas pinter -__-). Dah lanjut…
Di akhir permainan diumumin siapa2 aja yg masuk semifinal dan tau keajaiban apa yang terjadi? Dari 10 besar yang diambil, 9 orang sendiri adalah anak SMP 4 Pakem!!! Ndewa gak tu? Yang satu orang nyasar* itu adalah anak Kalam Kudus. Musuh terbesar kita kalok lomba di SMA TaNus atau luar kota lainnya. Yah, walaupun aku gak masuk Semifinal sih, tapi aku dah bangga sedikit soalnya aku ranking 14. Padahal yang diambil 10, kan dah nyaris tu, walaupun gak nyaris banget. Tadinya aku dah mikir kalok aku ranking terakhir.
Pada akhirnya yang masuk final adalah Ilham, Alvin, sama anak Kalam Kudus yang nyasar tadi. Juaranya? Yang pasti juara 1 Ilham dpt 1jt, juara 2 Alvin dpt 750rb, juara 3 Anak Kalam Kudus. Yang lebih anehnya lagi, masak Kalam Kudus itu Cuma ngirim 1 orang dan menang lagi, maksudku sampek final. Sesuatu kok memang…
*orang nyasar = anak Kalam Kudus yang namanya Cindy siapa gitu.






Tidak ada komentar :

Posting Komentar