Senin, 13 Juli 2015

Mari Merajut



Assalamualaikum, kawan! Bagaimana puasa kalian? Semoga masih lancar ya :)) Hmm, kali ini aku mau berbagi pengalaman aja sih. Bahasa kali ini aku nggak mau yang terlalu formal. Oke ini pakai bahasa curhat sehari-hari aja yaa...
Jadi kenapa mari merajut? Suka aja sama inisial M & M kaya permen M & M itu, hehe. Ini merajut dalam konotasi yang beneran, btw. Merajut alias bikin rajutan. Pengen aja kalau bisa (aamiin) sekedar bikin sambinan atau bisa dipakai sendiri dan hasilnya bagus.
Aku mulai belajar merajut ini sejak kelas 9 SMP. Gini ceritanya, pada suatu hari (waks) oralah. Waktu kelas 9 SMP dulu setelah UN, kan masa gabut-gabutnya tuh... Bingung kan tiap hari selama hampir sebulan kita libur dan nggak ada kerjaan. Nggak tau mau ngapain juga. Aku inget banget waktu itu kerjaanku tiap hari cuma nonton Kompas TV dan itu acaranya Raditya Dika yang judulnya Malam Minggu Miko. Tontonanmu Tit, jones banget-__-
Suatu hari saat ku gabut, tiba-tiba temen deketku, Lissa sms / mention aku di twitter aku lupa, pokoknya ngasih info dan ngajak, “Tit, ada les ngrajut gratis lho!” Sontak, aku yang emang dasarnya suka seni kriya jadi tertarik. Setelah kabar kabari dan ternyata les-lesannya deket rumahku. Hmm, capcuus.
Jadi les-lesan itu namanya Poyeng, letaknya di Jln. Palagan nomer 132. Bawah hampir deket-deket monumen jogja kembalinya. Waktu aku janjian sama Lissa untuk dateng dan les bareng ke situ, aku ngajak Ibuku sekalian. Disana tempatnya memang sempit sih, kecil gitu. Tapi lumayan cozy dan wangi. Aku suka banget sama wanginya, hahaha (ngopo). Itu semacam usaha kecil-kecilan dari mahasiswa Bandung ternyata. Sampai sekarang udah banyak sih cabangnya. Udah sukses gitu.
Di Poyeng itu juga udah tersedia berbagai macam alat rajut. Eeits, tapi disini itu ngrajutnya pakai 2 stick. Padahal aku bisanya yang pakai 1 stick aja. Hmm, jadi ada perbedaannya. Kalau pakai 2 stick itu namanya knitting, kalau 1 stick namanya crocheting. Nah, aku bisanya yang crocheting. Yaah, gagal deh. Tapi aku dah terlanjur beli alat dan benangnya yang knitting. Yaudah deh, sebisanya aku belajar. Kalau si Lissa sih bisanya yang knitting. Jadi kita saling melengkapi gitu deh, hihihihi.
Ini perbedaannya:
Ini yg 1 stick (Crocheting) ada semacam pengaitnya gitu


 
Ini yg pakai 2 stick (knitting) tanpa pengait
Hmm, karena aku yang nggak bisa-bisa belajar knitting dan ibuku pun mengalami hal yang sama denganku, yaudah kami memutuskan untuk pulang aja._. Lissa masih asik nyelesaiin syal knittingnya tak tinggal pulang. Dadah Lissa...
Aku masih kepo dengan cara ngrajut dan akhirnya karena ke-gabut-an-ku setelah UN, aku memutuskan untuk beli buku rajutan di toko assesoris. Yap, Jolie. Aku juga sempet nyari buku-buku rajutan gitu di gramed. Setelah kulihat-lihat (ini ceritanya nggak beli Cuma liat2) isi bukunya... Aku juga nggak mudeng. Wkwkw. Akhirnya gara-gara Ibuku geregetan karena aku nggak lek ndang milih atau beli buku, aku jadi dibelikan 1 buku rajutan sama Ibuku. Lumayan sih ada pola-polanya gitu dan itu crocheting. Jadi aku lumayan paham.
Sesampainya di rumah, aku belajar dari buku itu dan... Terererereret, aku baru bisa bikin pola awal dan kulanjutin akhirnya jadi lonjong aneh gitu-__- Yaudah sih nggak papa, namanya juga belajar.
Days 2, aku belajar pola-pola yang lebih susah dan hasilnya tambah bagus, dikit, okee, aku merasa bersalah karena ngabis-abisin benang, wkwkwk.
Days 3, karena mulai greget, akhirnya kulanjutin deh bikin yang tadinya lonjong nggak jelas gitu, tak terusin keatas, dan akhirnya aku bisa bikin.... Sepatu kucing. Xixixixi ><
Days 4, udah mulai capek juga, akhirnya aku serius dan alhasil aku berhasil lhooo! Bikin semacam dompet/dosgrip gitu. (Terlalu besar untuk dompet, kekecilan baut dosgrip) Hmm, okelah.
Nah, hobby ini aku lanjutin sampai sekarang karena aku memang suka banget sama yang namanya rajutan. Mahal sih kalau beli. Jangan tanya, belajarnya aja susah-_- wkwkw pantesan harganya mahal. Apalagi sama tas-tas atau dompet merk Do*wa. Itu mahal eeh, kantong pelajar sini. Tapi emang berkualitas dan bagus gitu.
Benang Rajut & Stick Model Crochet
 
Bros / gantungan kunci isi (Bunder)

Kiri: Tatakan Gelas, Kanan: Kalo digabungin bisa jadi taplak/selimut

dompet (?) / dosgrip (?) / wadah yg penting-,-

Bross :))

Sampai sekarang aku masih sih bikin-bikin rajutan gitu kalau pas selo. Biasanya aku bikin bros karena aku pakai jilbab jadi bisa tak pakai sendiri. Hehe. Kalau untuk belajar aku lebih suka lihat video tutorial di youtube, itu buanyaaak banget. Tinggal dipilih dan disesuaikan sama kemampuan. Karena ada yang cuepet banget, ada juga yang pake bahasa Spanyol dan aku nggak paham, oke. Ini ada beberapa hasil rajutanku selama ini. Hehe, masih amatir sih, tapi aku pengen terus belajar kok J ayo belajar bareng! Atau mungkin ada yang mau pesen bros ke aku juga bisa, harga bisa kontak line (mah ngopo).
Serius ini :D Id lineku: pratitaann / Mention twitter aku juga bisa @PratitaAnn.

Sekian dan terimakasih.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar