Jumat, 05 Juni 2015

Kenalan Yuk! (2)

Hidup Untuk Beribadah dan Berbuat Kebaikan

Ketika ditanya apa cita-citanya siswa SMA 1 Yogyakarta ini ingin sukses dunia akhirat. Siswa kelahiran Gunungkidul, 20 Mei 1997 yang gemar bermain basket ini memutuskan untuk lebih mendalami ilmu agama disamping ilmu akademis lainnya.
“Saya sering dan suka membaca Al-Qur’an sejak TK. Semakin besar saya berusaha untuk memperbaiki tajwid dan cara membaca saya. Sampai saya bisa melagukan ayat-ayat saat saya membaca Al-Qur’an”, ungkapnya. Saat siswa ini memasuki sekolah dasar yang kebetulan juga sekolah dasar yang berbasis Islam yakni SD Muhammadiyah Al-Mujahiddin, membuat siswa ini lebih aktif dan senang saat mempelajari Al-Qur’an.
“Sudah kewajiban seorang muslim kan bisa mbaca Al-Qur’an, apalagi kalau kita bisa memperbaiki bacaan kita walaupun sedikit demi sedikit. Apalagi kalau bisa mengamalkannya. Selain mendapat pahala kita juga bisa mengajarkannya kepada orang lain. Hehe”, ungkapnya saat ditanya kenapa suka membaca Al-Qur’an.
            Juara 3 MTQ dan Saritilawah (Putra) Pentas Agama Islam Tingkat Nasional, Juara 1 FLS2N bidang Seni Baca Al-Qur’an SMP tingkat Provinsi DIY, dan Juara 2 MTQ putra tingkat SMA Kota Yogyakarta adalah beberapa prestasi tingkat daerah maupun nasional yang telah ditorehkan oleh alumni SMP 1 Wonosari yang bernama lengkap Muhammad Ilham Aziz yang akrab disapa Aziz ini.
“Waktu itu, saat H-2 Ummi saya akan berangkat haji, ternyata saya malah dapat musibah kecelakaan. Saya tertabrak motor hingga siku sebelah kiri saya patah. Sempat sedih sih karena harus merepotkan persiapan Ummi. Tapi sekarang alhamdulillah sudah nggak papa”, tutur siswa yang murah senyum dan gemar bermain tenis meja ini.
            Selain jago membaca dan melagukan Al-Qur’an, siswa yang satu ini juga aktif dalam berorganisasi. Salah satu organisasi yang sedang dijalaninya adalah OSIS Bhineka Teladan Bakti dan menjadi salah satu pengurus harian Kerohanian Islam Al-Uswah.
            “Menurut saya, organisasi itu penting bagi remaja. Organisasi bisa menjadi wadah untuk berinteraksi dengan orang lain. Dengan organisasi kita juga bisa lebih mengenal sifat dan karakter orang lain secara mendalam. Selain itu organisasi juga bisa menjadi sarana untuk menjalin silaturahmi dan memperkuat ukhwah islamiyah (dalam hal ini saat saya menjadi pengurus harian Kerohanian Islam Al-Uswah di SMA 1 Yogyakarta). Organisasi juga sebagai sarana dalam mencari ilmu”, begitu penjelasannya ketika penulis bertanya apa kaitannya antara organisasi dan kehidupannya.
            Bagi Aziz, hidup di dunia ini adalah tantangan. Kita sebagai manusia sudah diberi banyak hal oleh Tuhan. Tujuan hidup ini adalah untuk beribadah dan beramal baik sebagai bekal saat kita di akhirat nanti. Segala kegiatan itu bisa dinilai sebagai ibadah jika semua diniatkan untuk beribadah, awali dengan bismillah dan lakukanlah dengan ikhlas.
            Berminat untuk lebih mendalami agama seperti Aziz?
***

Tidak ada komentar :

Posting Komentar